Kapan Waktu Lari yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Halo sobat lari, sebenarnya kapan waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan? Banyak perbedaan pendapat beberapa orang bisa dengan lari pagi, lari siang ataupun lari malam. Untuk itu marilah kita ulas manakah kapan waktu lari untuk menurunkan berat badan.

Waktu yang tepat untuk lari pagi

Tidak bisa dipungkiri olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat digunakan menurunkan berat badan. Banyak yang telah merasakan manfaatnya jika lari di pagi hari merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain tidak menganggu keseharian kita, lari di pagi hari membuat kita lebih semangat dan produktif. Dalam penelitian terbaru juga membuktikan bahwa olahraga di pagi hari lebih berhasil menurunkan berat badan daripada mereka yang berolahraga di malam hari.

Dalam sebuah studi menemukan bahwa berolahraga antara jam 6-8 pagi dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar atau fresh. Selain itu, pada jam tersebut tubuh kita mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari yang berguna untuk menambah kesehatan dan kekuatan tulang. Pada malam hari sobat akan lebih cepat mengantuk di bandingkan tidak berolahraga di pagi hari. Keringat pagi juga dapat menyebabkan kesehatan mental dan produktivitas yang lebih baik sepanjang hari, karena olahraga sangat baik untuk mengurangi stres seperti yang telah dijelaskan dalam manfaat olahraga lari.

Waktu yang tepat untuk lari siang

Mungkin sobat sering melihat orang berlari disiang hari dengan jaket tertutup rapat. Lalu apakah ada manfaat lari siang pakai jaket? Jika sobat melakukan hal tersebut maka hal yang perlu diperhatikan adalah hidrasi / air minum harus lancar. Karena sobat mengeluarkan keringat/cairan tubuh yang banyak. Jika tidak, maka sobat akan rawan terkena dehidrasi (ujung – ujungnya diinfus kan repot :D). Maunya sehat malah semaput 😀 . Lalu kapan waktu yang tepat untuk lari siang hari? direkomendasikan antara jam 1 siang s/d 3 siang. Tentunya lari di siang hari belum ada penelitian lebih lanjut dapat dilakukan atau tidak.

Lari di malam hari

Mungkin karena kesibukan sobat karena tidak bisa lari pagi, solusi terbaik adalah dengan mengganti waktunya berlari di malam hari. Namun perlu diketahui jika sobat olahraga lari di malam hari, jangan lakukan sebelum waktu tidur, karena akan membuat sobat susah untuk tidur. Setidaknya 3 jam sebelum tidur malam, sobat selesai melakukan aktivitas lari agar suhu tubuh dan detak jantung lebih rendah, sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak

Bagaimana agar tidak naik berat badan setelah berlari

Setelah berlari, tentunya kalori kita terbuang tergantung dengan kecepatan berlari dan berat badan pelari. Rata-rata dalam lari dengan jarak 1kilometer, membutuhkan kira kira 60 kalori. Namun, itu semua tergantung dari kecepatan berlari, semakin cepat berlari maka semakin banyak juga kalori yang terbakar. Selain itu, agar tidak naik berat badan setelah berlari adalah menghindari makanan yang banyak mengandung minyak, banyak mengandung gula, dan makanan tidak sehat lainnya. Disarankan setelah berlari adalah makan dan minum yang bergizi dengan porsi secukupnya.

Sebenarnya berlari dipagi hari, disiang hari ataupun malam hari, yang harus ada di dalam benak sobat adalah keyakinan bahwa lari dapat menurunkan berat badan, maka harus ingat terus tujuan sobat berlari. Selain itu, kunci sukses dalam proses menurunkan berat badan adalah konsistensi. Memang diawal-awal rasanya berat, namun sobat harus ingat lagi apa tujuan berlari.

Tinggalkan komentar