Tips Olahraga Jogging di Lintasan Lari

Halo sobat lari, sama seperti hal-hal lain pada umumnya, lari juga memiliki aturan dan tata krama. Walaupun aturan ini bukan regulasi resmi, merupakan etika dasar yang penting diikuti demi keamanan dan kenyamanan bersama – baik si pelari maupun orang-orang lain di rute lari tersebut. Berikut adalah Tips Olahraga Jogging di Lintasan Lari :

Jangan Mengambil Seluruh Sisi Jalan

Jika kamu berlari dalam grup, usahakan jangan berlari melebihi dua baris kesamping agar orang-orang lain memiliki kesempatan untuk melewatimu. Jangan mendorong pelari lain keluar jalur. Ketika berlari dalam kelompok di rute yang ramai, larilah dalam satu baris lurus.

Jangan Berbunyi

Sebisa mungkin jangan membawa uang receh atau gantungan kunci di kantong. Suara yang mereka hasilkan ketika kamu berlari akan mengganggu pelari lain disekitarmu.

Jangan Berhenti Mendadak

Jika kamu harus berhenti untuk mengikat tali sepatu atau untuk melakukan perenggangan, pindahlah ke pinggir sisi jalan terlebih dahulu. Pastikan keberadaan orang lain di belakangmu ketika hendak menepi agar tidak memotong jalur mereka.

Ikuti Aturan Lintasan Lari

Patuhi aturan dari lokasi dimana kamu berlari, baik itu di jalan raya maupun di lintasan lari. Jangan melanggar aturan mengenai arah jalan, atau sisi jalan khusus pelari cepat atau pelari santai:D . Pada sisi paling dalam digunakan untuk pelari cepat dan semakin ke sisi luar digunakan untuk pelari santai. Bila tidak terpasang tanda aturan, bertanyalah pada pelari lain di lokasi tersebut atau ikuti gerak gerik mereka jika kamu tidak yakin apa yang harus dilakukan.

Pasang Kuping

Kamu harus bisa mendengar peringatan verbal pelari lain. Jadi penggunaan headphone untuk mendengar musik ketika berlari di jalanan tidak disarankan. Jika benar-benar harus mendengarkan musik, kecilkan volume dan hanya pasang headphone di satu telinga.

Tetap Berada pada Jalurnya

Selalu lihat ke kiri, kanan, depan dan belakang sebelum memasuki atau keluar dari suatu jalur, ketika di persimpangan jalan, dan ketika hendak menghampiri tempat minum.

Jaga Kebersihan

Jangan membuang sampah sembarangan. Botol air mineral kosong, bungkus camilan, atau sampah apapun, selalu buanglah pada tempatnya. Bila tidak ada tempat sampah di dekatmu, pegang atau kantongi sampai kamu menemukan tempat sampah.

Jangan Merokok

Yakali merokok di lintasan lari bro :D. pada dasarnya lintasan lari adalah tempat untuk olahraga dengan tujuan sehat. Tentunya orang sekitar akan terganggu dengan asap rokokmu.

Demikian artikel Tips Olahraga Jogging di Lintasan Lari , semoga bermanfaat bagi sobat lari yang baru mulai berlari

Tinggalkan komentar