Tips Lari Untuk Pemula Agar Tidak Kapok

Halo sobat lari, Kamu baru mulai lari? Berikut tips lari untuk pemula yang bisa kamu terapkan. Seperti yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya lari memiliki manfaat yang sangat banyak. Hal yang paling penting manfaat lari dari adalah untuk menjaga kesehatan. Bisa dibilang olahraga ini sederhana, karena pada dasarnya semua orang bisa berlari. Namun, ternyata lari memiliki teknik tersendiri agar tidak mudah lelah untuk menempuh jarak tertentu.

Baca Juga : 25 Manfaat Olahraga lari

Oleh karena itu kita harus memulai olahraga ini agar senantiasa kesehatan kita tetap terjaga dengan baik. Ingat, kesehatan itu sangat mahal harganya. Sebagai seorang pelari pemula, tentunya sobat merasa bingung apa yang harus dilakukan. Berikut akan diulas selengkapnya pada artikel ini.

Tips Lari Bagi Pemula :

1. Menetapkan Tujuan Lari

Tujuan lari pada dasarnya ada banyak sekali, diantaranya adalah :

  • Lari untuk menurunkan berat badan
  • Menjaga kebugaran / kesehatan
  • Merubah gaya hidup
  • Mendapatkan podium
  • Mencari Gebetan ๐Ÿ˜€

Kalo sobat termasuk yang mana nih?

2. Bulatkan Tekat untuk Mencapai Tujuan

Setelah menentukan tujuan berlari, mulailah dengan niat yang kuat, agar kamu bisa konsisten buat rutin olahraga lari. Jika niatmu masih setengah-setengah, coba renungkan jika berbagai macam penyakit mendatangi sobat :(. Tentunya hal ini tidak jadi keinginan orang.

3. Membuat Jadwal Lari

Menyusun jadwal lari yang baik, akan membuat sobat lebih teratur dalam melakukan olahraga lari. Sebaiknya lari dilakukan 3x seminggu agar otot dan tubuh sobat recovery dan agar tidak terjadi overtraining.

4. Siapkan Peralatan Lari

Selanjutnya tips lari pemula yang paling penting adalah sepatu lari. Salah memilih sepatu lari, akan menyebabkan sobat cidera saat berlari. Apabila terjadi cidera, maka sobat merasa kurang motivasi untuk berlari lagi. Yang perlu diingat, setiap orang memiliki teknik lari dengan cara yang berbeda. Selain itu, perlu juga dipersiapkan pakaian yang nyaman saat berlari. Tentunya bahannya dryfit atau yang cepat menyerap keringat dan cepat melepaskan panas.

5. Menginstall Aplikasi Lari di Smartphone

Aplikasi lari di smartphone sangat banyak sekali, seperti : strava, Nike Run Club (NRC), endomondo, adidas running, dan masih banyak lainnya. Aplikasi pengukur jarak lari diatas bisa kamuย downloadย gratis dan mudah digunakan. Bisa didownload di Play Store atau Apps Store tergantung Smartphone yang sobat gunakan. Aplikasi tersebut bakal memudahkan kamu memantau jarak tempuh dan durasi berlari kamu, dan tentunya bisa juga sobat share ke media sosial.

6. Melakukan Pemanasan Sebelum Lari

Melakukan pemanasan sebelum lari adalah adalah sangat penting karena agar otot-otot kita siap untuk berlari. Tidak hanya pada olahraga lari saja, semua kegiatan olahraga sangat diwajibkan untuk melakukan pemanasan. Selain itu, denyut jantung, temperatur tubuh dan sirkulasi darah meningkat. Pemanasan sebelum lari bermanfaat untuk Mengurangi kemungkinan cedera dengan membuat tubuh perlahan siap untuk aktivitas fisik berikutnya dan untuk mempersiapkan mental untuk aktivitas berikutnya. Pemanasan ini dapat sobat lakukan selama 10-30 menit tergantung tubuh masing-masing, apabila 15 menit sudah siap, ya Letsgo saja.

7. Memulai dengan Berjalan

Agar otot-otot kaki sobat siap, baiknya mulai dengan berjalan kaki terlebih dahulu. Namun sobat bisa saja langsung berlari jika ingin berlari. Jika tubuh belum terbiasa berlari, jangan dipaksakan langsung berlari karena bisa menyebabkan cedera. Berjalan memiliki gerak yang sama seperti berlari yaitu banyak tekanan pada tulang dan sendi. Disarankan harus jalan cepat, namun bertempo. Saat tubuh terasa siap untuk berlari, sobat bisa memulai dengan jogging ringan.

8. Memulai dengan Olahraga Jogging

Setelah tubuh siap berlari, maka sobat bisa memulai dengan olahraga jogging tipis-tipis. Jangan berlari terlalu cepat, karena tubuh membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dan menyesuaikan kerja dan aktivitasnya pada latihan lari. Oleh karena itu, mulailah dengan intensitas lari yang ringan hingga sedang. Berlari jangan terlalu cepat karena akan membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga sobat sulit mencapai target lari yang diinginkan. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan sobat menjaga kecepatan dalam berlari serta nikmati tiap gerakan dan langkah yang kamu ambil.

9. Mulailah Lari Jarak Pendek

Jangan langsung lari dengan jarak yang jauh, mulailah lari jarak pendek seperti 2km,3km. Kesalahan pelari pemula yang sering kali dilakukan adalah memilih jarak lari yang terlalu jauh. Para pelari pemula biasanya memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk dapat memecahkan target rute dan jarak tempuh larinya. Sayangnya, semangat ini tidak sebanding dengan daya tahan dan kemampuan yang dimiliki saat itu. Untuk itu, mulailah lari dengan jarak yang pendek dan durasi yang tidak terlalu lama. sobat sendirilah yang dapat menemukan kenyamanan dalam berlari.

10. Menambah Jarak Lari

Tips Lari Pemula selanjutnya adalah menambah jarak lari. Menambah jarak lari dengan Peraturan 10% adalah salah satu prinsip paling penting dan sudah terbukti dalam lari. Peraturan ini menentukan bahwa sobat tidak boleh menambah jarak lari mingguan lebih dari 10% dibanding minggu sebelumnya karena berakibat pada cidera. Maka, harap bersabar perlahan-lahan jarak lari sobat akan bertambah dengan sendirinya. Asalkan rutin berlari dengan porsi latihan yang cukup.

11. Membawa Air Minum

Dalam berolahraga pastinya kita akan mengeluarkan cairan/keringat, untuk mengganti cairan yang hilang tersebut adalah dengan minum. Ketika dalam berlari sobat sudah merasa haus, itulah saatnya sobat minum. Dianjurkan untuk minum setiap 20menit ketika berlari. Dengan membawa air minum sendiri, sobat akan merasa lebih tenang. Haus tinggal minum ๐Ÿ˜€

12. Berlari Diselingi Jalan Kaki

Tips Lari berikutnya adalah berjalan diselingi jalan kaki. Berlari diselingi jalan kaki boleh boleh saja dilakukan, karena memang lagi kecapekan. Jangan terlalu dipaksakan terus berlari jika sudah terasa capek. Sobat bisa jalan kaki dulu, bila sudah rilex bisa mulai lari kembali.

13. Pendinginan Setelah Lari

Pendinginan atau sering juga disebut cooling down sangat penting dilakukan, agar terhindar dari cidera. Biasanya dilakukan dengan mulai menurunkan kecepatan lari atau bisa juga dengan lari cepat lalu lari santai. Setelah itu barulah mulai rilexkan otot-otot yang digunakan saat berlai.

14. Jangan Lari Setiap Hari

Mengapa jangan lari setiap hari? karena tubuh sobat butuh istirahat / recovery untuk memulihkan tubuh. Bagi kebanyakan pemula dengan semangat yang menggebu-gebu, biasanya melupakan hal ini. Istirahat adalah cara recovery yang baik. Jika mau berlari setiap hari, ya silakan saja. Tentunya sobat yang lebih tau kondisi tubuhnya sendiri.

15. Gabung dengan Komunitas Lari

Tips lari lainnya yaitu gabung dengan komunitas lari. Komunitas lari khusunya di Indonesia tiap kota pasti ada, bahkan tiap kota ada yang lebih dari 1 club lari. Komunitas lari di Indonesia yang kita ketahui adalah Indorunners, Riot, dll. Dengan bergabung komunitas lari, sobat mendapatkan manfaat yang banyak sekali, diantaranya :

  • Mendapatkan ilmu lebih tentang dunia lari
  • Jadwal larimu bisa lebih teratur
  • Mendapatkan banyak teman
  • Mendapatkan gebetan | mungkin ๐Ÿ˜€

16. Mencari Tempat Lari yang Nyaman

Mencari tempat lari yang nyaman adalah salah satu tips lari bagi pemula agar semakin betah berlari. Pada dasarnya lari dapat dilakukan dimanapun, asal gak diatas air aja ๐Ÿ˜€ . Jika sobat lari dijalan raya, tetap perhatikan kanan kiri OK ya, tetap jaga keselamatan diri. Contoh tempat lari yang nyaman, yaitu :

  • Taman
  • Stadion
  • Parkiran yang luas
  • Jalan
  • Car Free Day

17. Gunakan Musik untuk Menemanimu Berlari

Tips terakhir ini mungkin bagi sebagian pelari enjoy dengan menggunakan musik untuk menemaninya berlari, namun ada juga yang lari fokus pada jalurnya. Jika sobat termasuk yang suka lari sendiri, mungkin dengan musik ini bisa menemanimu dalam berlari. Tapi ingat, volumenya tetep dikontrol ya, takutnya diklakson malah gak denger ๐Ÿ˜€ .

Demikian sobat lari, Tips Lari Untuk Pemula yang Membuatmu Makin Asik Berlari.

Tinggalkan komentar