Tips Berlari Sendiri (Aman dan Nyaman)

Olahraga dimasa pandemi wajib dilakukan agar menjaga kebugaran dan meningkatkan imun tubuh. Jika kamu terbiasa berlari secara berkelompok, maka sekarang kamu harus mulai untuk berlari sendiri. Hal ini untuk menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Bagi sebagian orang mungkin terasa membosankan ketika berlari sendiri karena sudah terbiasa berlari bareng teman. Dibawah ini akan dibahas tentang tips berlari sendiri agar tetap aman dan termotivasi untuk berlari.

Bagaimana Cara Aman ketika Berlari sendiri?
Agar kamu tetap merasa aman ketika berlari sendiri, bisa ikutin tips berikut:

1. Bawalah Kartu Identitas

Ketika berlari sendiri, kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Dengan membawa kartu identitas, jika terjadi sesuatu dijalan maka akan dapat memudahkan menghantarkan kamu pulang. Misalkan saja ketika berlari tiba-tiba pingsan. Jika kamu berlari membawa Handphone, wallpaper kamu bisa diganti dengan gambar KTP.

2. Tuliskan Nomor Telpon Orang Terdekatmu

Ketika terjadi sesuatu padamu, maka akan mudah untuk menghubungi orang terdekatmu untuk segera membantumu. Misalkan pingsan ditengah jalan, maka akan ada orang lain yang menelpon orang terdekatmu.

3. Ketahui Dimana Kamu Akan Berlari

Sebelum mulai berlari, kamu harus mengetahui rute mana saja yang akan kamu lewati. Pastikan rutenya aman dan nyaman buatmu. Bisa juga kamu memilik lokasi lari dengan sistem looping, seperti di taman.

4. Perhatikan Waktu Lari

Pastikan kamu berlari di waktu pagi, siang atau sore hari, yang mudah terlihat. Disarankan jangan berlari sendiri ketika malam hari, apalagi ditempat yang sepi. Tapi jika kamu lebih nyaman berlari di malam hari, maka kamu harus menyiapkan semacam lampu agar kamu terlihat. Selain itu kamu bisa mengenakan pakaian yang berwarna cerah seperti warna putih. Hal ini berguna agar kita tidak ditabrak.

5. Berlari ditemani Musik

Agar tidak kesepian dan menghilangkan rasa bosan ketika berlari sendiri, kamu bisa menggunakan musik untuk menemanimu. Kamu bisa memilih lagu/beat musik yang sesuai dengan seleramu. Selain itu harus tetap terdengar jika ada yang klakson / menyapa.

6. Hati – hati

Tetap hati-hati ketika berlari sendiri, kita berlari untuk sehat bukan mencari sakit.

Bagaimana Cara Agar Termotivasi ketika Berlari Sendiri?

1 Ingat akan Tujuan Berlari

Ada sesuatu yang akan dicapai, tentunya akan menambah semangatmu untuk berlari walaupun sendiri.

2. Katakan Kata Motivasi Berlari

Tiap orang memiliki kata motuvasi lari berbeda – beda, misalkan saja : Tinggal 2 kilo lagi, masak segini doang nyerah, aku kuat, dll 😀

3. Kobinasikan dengan Speed Workout

Agar tidak terasa membosankan, kamu bisa juga mengkombinasikan larimu dengan fartlek. Lari kencang, lalu slow pace. Lakukan hal yang membuatmu terasa nyaman.





Tinggalkan komentar