Pentingnya Sepatu Trail Running

Bagi sebagian pelari yang ingin mencoba lari trail, pertimbangan utama adalah seberapa pentingnya mengenakan sepatu trail running. Jujur saja, sepatu lari tidak murah. Bila sepatu yang biasa kamu gunakan untuk lari di jalanan bisa digunakan di jalur trail, tentu hal ini tidak akan terlalu memberatkan dompet. Dan memang ada pelari yang terlihat mengenakan sepatu lari biasa di jalur trail. Tapi apakah benar satu jenis sepatu bisa digunakan di semua medan?

Sepatu trail running yang dirancang untuk jalanan biasa secara umum bisa digunakan di jalur trail dengan permukaan yang rata. Namun untuk jalur yang lebih menantang, kamu akan memerlukan sepatu yang bisa memenuhi tantangan tersebut.  Untuk itu kamu membutuhkan sepatu yang menawarkan 3 hal: stabilitas, daya cengkram (traction), dan perlindungan.

Stabilitas

Dibutuhkan sepatu dengan stabilitas untuk menavigasi jalur dengan bebatuan, akar pohon, dan permukaan tanah yang tidak rata. Walaupun sepatu lari biasa juga tersedia dalam tipe stabilitas, sepatu trail menawarkan bentuk stabilitas yang berbeda.

Contohnya, sepatu trail cenderung memiliki sol bagian tengah yang lebih tipis namun padat sehingga memberikan pemakai perasaan lebih ‘menyentuh’ tanah. Hasilnya, meminimaliskan kemungkinan pergelangan kaki terpeleset dan menjadikan kaki lebih responsif. Beberapa jenis sepatu trail juga memiliki alas bagian belakang yang lebih lebar untuk ekstra stabilitas.

Daya Cengkram

Sepatu lari yang dirancang untuk jalanan biasa mencengkram permukaan tanah melalui area kontak – sol sepatu – yang luas. Pola sol dengan tekstur moderat dapat digunakan di jalur trail yang relatif mulus, namun jalur dengan banyak lumpur, debu, maupun tanjakan dan turunan memerlukan pendekatan yang berbeda. Permukaan sol sepatu dengan tekstur yang dirancang khusus untuk menghadapi medan berat trail akan lebih nyaman dan aman untuk kakimu.

Perlindungan

Bebatuan dan segala rintangan jalur trail juga membuat kaki membutuhkan perlindungan lebih. Tipikal sepatu trail memiliki lapisan tambahan untuk ekstra perlindungan ketika kaki kita menginjak benda-benda keras dan tajam.

Sepatu trail tidak hanya melindungi telapak kaki, tapi juga jari-jari kaki dari bahaya patah tulang. Sisi luar kaki juga bisa terluka bila terkena kontak dengan batu tajam atau ranting pohon, sehingga lapisan proteksi di bahan atas sepatu juga diperlukan – sesuatu yang tidak ditemui di sepatu lari biasa.

Beberapa sepatu trail running juga dirancang dengan lidah sepatu khusus yang bisa menyaring kotoran sehingga tidak masuk ke dalam sepatu. Ada juga sepatu dengan kain lapisan menyarungi bagian atas sepatu (gaiters) sehingga tidak ada benda-benda yang masuk ke dalam sepatu melalui batas antara leher sepatu dan pergelangan kaki kita. Fitur-fitur ini berguna untuk mencegah lecet, cidera, dan memberikan kenyamanan yang mungkin tidak didapat dari sepatu lari biasa. Jadi, pertanyaan mengenai pentingnya membeli sepatu khusus trail hanya bisa dijawab berdasarkan jalur trail seperti apa yang akan kamu jelajahi.

Tinggalkan komentar