Bolehkah Pemula Berlari Setiap Hari?

Halo sobat lari, Kamu baru menekuni olahraga lari dan sudah mulai kecanduan lari? Baiknya jangan berlari setiap hari ya… Kenapa? Karena tubuh kamu butuh waktu untuk recovery. Tolong jangan dibandingkan dengan pelari yang berpengalaman. Dimana mereka lari dipagi hari dan sore hari (sehari 2x). Tentunya mereka sudah terlatih, sedangkan kamu? Ya sabar dulu lah ya hehe… Yang terpenting adalah “listen your body” atau dengarkan apa yang dikatakan tubuhmu. Jika masih merasa lelah, maka istirahatlah dan jangan dipaksakan. Secara tidak langsung tubuh kita adalah alarm alami yang harus kita turuti.

Secara mental, hari istirahat juga akan memberikan manfaat yang kita butuhkan untuk mengembalikan motivasi dan mencegah kejenuhan. Hari terbaik untuk beristirahat bergantung pada jadwal latihan kita. Bila kita cenderung berlari jauh pada hari Minggu, maka Senin menjadi pilihan yang tepat untuk beristirahat. Dan bila kita sedang berlatih untuk lomba jarak jauh dan merencanakan jadwal long run berikutnya di hari Sabtu, maka beristirahat di hari Jumat akan memberikan kita kaki yang lebih kuat dan segar pada Sabtu pagi.

Pelari pemula sebaiknya berlari dua hari sekali untuk memberikan waktu bagi kaki agar membiasakan diri dengan beban dari gerakan lari. Dengan demikian, kita terhindar dari cedera akibat gerakan berulang. Ingat ya, latihan itu tidak melulu berlari. Kamu bisa selingi dengan olahraga lainnya / cross training seperti sepedahan, berenang, yoga, dll. Disisi lain dengan latihan tersebut, kamu akan terhindar dari rasa jenuh.

Ingat ya, tidak ada yang instant dalam dunia lari. Semuanya butuh proses untuk membangun kemampuan aerobik atau endurance. Biasanya pelari pemula tidak sabaran untuk pengen lari cepat. Berlari setiap hari tidak salah, sekali lagi “listen your body”.

Tinggalkan komentar