25 Manfaat Olahraga Lari, Olahraga Murah Manfaat Melimpah

Halo sobat lari, tanpa kita sadari ternyata manfaat olahraga lari sangat banyak mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Olahraga ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Sobat bisa melakukan lari di pagi hari, siang hari, sore hari maupun di malam hari. Lari dilakukan dengan peralatan yang sederhana namun yang perlu diperhatikan adalah memilih sepatu lari yang tepat agar tidak cidera. Berikut 25 Manfaat olahraga bagi tubuh yang akan kamu dapatkan jika berlari :

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat lari pagi untuk diet ternyata dapat  membakar lemak yang lebih efektif. Namun tidak hanya lari pagi saja yang dapat membakar lemak,  diwaktu yang lain juga dapat membantu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang Anda impikan. Selain itu, olahraga lari adalah salah satu cara tercepat untuk membakar kalori. Tentunya olahraga lari ini harus dilakukan secara konsisten, minimal seminggu 3x. Yang perlu diketahui, manfaat olahraga ini juga dapat mempercepat metabolisme Anda.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga lari merupakan salah satu olahraga kardio, yang bermanfaat untuk melatih kardiovaskuler/jantung sobat lari. Ketika sobat berlari, sirkulasi darah mendapat dorongan energi untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak. Hal ini akan membantu mencegah penyakit jantung koroner.

3. Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat lari adalah untuk menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang. Artinya bahwa berlari membantu sobat agar terhindar dari penyakit osteoporos. Selain itu, ollahraga lari juga dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat.

4. Meningkatkan Kekebalan

Semua cabang olahraga pasti memiliki manfaat untuk melancarkan metabolism tubuh. Semenjak rajin olahraga lari, maka sobat akan terhadap penyakit seperti alergi, batuk dan pilek.

5. Meningkatkan Tingkat Energi

Kemalasan, Kelesuan dan kengantukan adalah hal yang mungkin sering sobat rasakan dipagi hari. Dengan sobat rutin berlari, maka akan merasa energik dan olahraga ini akan meningkatkan energi.

6. Menghilangkan Stres

Ketika sobat berlari adalah salah satu pengusir stres. Ketika sobat berlari, maka akan dipaksa untuk bernapas dalam-dalam dan itu membantu mengurangi tingkat stres Anda. Tentunya jangan sampai memikirkan hal-hal yang membuatmu terbebani. Lepaskan saja semua beban yang ada dengan berlari.

7. Mempercepat Fungsi Otak

Berlari pada dasarnya baik untuk sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan berlari, sel-sel otak sobat mendapatkan lebih banyak darah beroksigen. Hal ini dapat membantu berpikir lebih cepat.

8. Bermanfaat Bagi Pencernaan

Salah satu manfaat lari adalah dapat melancarkan atau meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan rutin berlari system pencernaan akan semakin lancar. Berlari secara teratur akan membantu Anda keluar dari berbagai macam masalah pencernaan.

9. Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes merupakan penyakit akibat gaya hidup yang tidak sehat. Apabila secara garis keturunan memiliki penyakit diabetes, maka peluang terkena diabetes lebih tinggi jika tidak mengubah pola hidup yang tidak sehat. Dengan berlari secara rutin, dapat mengurangi risiko diabetes.

10. Menjaga dan Menguatkan Sendi

Ketika berlari, maka Sebagian besar otot pada tubuh bekerja seperti : ligament, tendon, Hip, dll yang membuat  otot tersebut menjadi lebih kuat. Ini sangat mengurangi risiko cedera seperti pergelangan kaki bengkok atau cedera hamstring.

11. Memperbaiki Kualitas Tidur

Mungkin ini bisa dibilang salah satu manfaat lari sore, karena setelah berlari otot akan lelah sehingga membutuhkan istirahat hingga akhirnya menjadi solusi untuk masalah tidur.

12. Membuat Terlihat Awet Muda

ketika berkeringat, semua racun dan zat yang tidak diperlukan bagi tubuh akan keluar dari tubuh melalui pori-pori kulit. Ini membantu terlihat lebih muda, membuat kulit kencang dan memiliki kulit yang sempurna.

13. Melawan Depresi

Ketika Anda berlari di bawah sinar matahari pagi hari, Anda melawan semua gejala depresi yang mungkin Anda miliki. Ketika kamu berolahraga, tubuh kamu melepaskan hormon khusus yang disebut endorfin atau hormon kebahagiaan. Saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, kamu akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang.

14. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Pada dasarnya kolesterol terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolsterol jahat (LDL). Kolesterol dibutuhkan bagi tubuh, namun jika berlebihan maka akan menumpuk dalam pembuluh darah. Berlari atau jogging 30 menit dapat membantu meningkatkan HDL.

15. Mengurangi Asam Urat

Hal ini terbukti pada saya pribadi, yang awalnya nilai asam urat saya 7 setelah rutin olahraga lari bisa turun ke 4,3.

16. Melatih Kesabaran

Teruntuk bagi sobat yang mulai menekuni olahraga lari ini adalah sabar, jangan mudah terpancing dengan teman atau orang sekeliling anda untuk lari ngebut. Nikmati saja lari perlahan lahan, semakin lama tubuh akan menyesuaikan dengan sendirinya.

17. Hemat Biaya

Untuk berlari, sobat tidak perlu sewa lapangan untuk melakukan olahraga ini. Cukup dengan keliling kompek atau rute lari yang asik “tentunya gratisan ya” :D. Kamu juga bisa memanfaatkan jogging track atau taman yang ada di kotamu.

18. Meningkatkan Stamina

Ketika sudah biasa berlari, maka sobat memiliki stamina yang jauh lebih baik untuk jenis latihan fisik lainnya. Salah satunya bisa dicoba dengan menaiki tangga dengan mudah tanpa terengah-engah. Banyak fakta yang telah membuktikan bahwa olahraga lari secara rutin dapat membuat tubuh bugar dan stamina meningkat. Hal tersebut karena aliran darah akan tersuplai secara baik ke seluruh tubuh sehingga Anda akan terhindar dari rasa lemas. Dengan olahraga lari secara rutin, Anda akan merasakan manfaat tubuh yang bugar dan stamina membaik.

19. Meningkatkan Suasana Hati

Ketika sobat berlari secara rutin, tingkat energi naik, tubuh terasa bugar dan suasana hati juga menjadi hepi. Ini memberi rasa bahagia yang juga akan memberikan efek pada kinerja kerja dan hubungan pribadi sobat

20. Meningkatkan Nafsu Makan

Setelah berlari membuat  rasa lapar meningkat berlebih karena energi terkuras. Jika sobat susah makan, berlari adalah cara alami untuk meningkatkan nafsu makan. Tapi ingat, tetap makan makanan yang sehat ya… jangan rakus 😀

21. Meningkatkan Memori

Salah satu manfaat olahraga lari lainnya yaitu dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah studi di University of British Columbia tahun 2014 menjelaskan bahwa melakukan olahraga lari dan aerobik secara teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus.
Hippocampus merupakan area otak yang terlibat dalam memori verbal dan kognitif. Oleh sebab itu, lakukan olahraga lari secara rutin untuk meningkatkan memori otak

22. Menguatkan Otot kaki

Manfaat olahraga lari lainnya yaitu meningkatkan fungsi dan kekuatan otot-otot kaki. Bagi yang baru mulai berlari, mungkin akan terasa sakit di kaki karena otot baru akan menyesuaikan dengan kebiasaan baru. Ketika melangkah lebih cepat, maka otot akan semakin fleksibel bergerak. Selain itu, kemampuan otot untuk memenuhi persediaan oksigen selama latihan pun juga akan meningkat. Maka dari itu, rajinlah olahraga lari agar kekuatan otot kaki semakin meningkat.

23. Mengurangi Kecemasan

Mengurangi kecemasan adalah salah satu manfaat olahraga lari. Dengan berlari, kamu akan mengalami penurunan ketegangan otot sehingga mengurangi kecemasan yang dialami. Selain itu, berlari dengan banyak orang juga meningkatkan kepercayaan diri.

24. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berkat manfaat olahraga lari yang berdampak positif pada kesehatan fisik, secara otomatis kepercayaan diri pun akan meningkat. Misalnya, ketika kamu berhasil menurunkan berat badan, kamu akan semakin percaya diri saat tampil di hadapan publik. Apalagi kalo sobat larinya udah ngebut, nambah PD deh 😀

25. Motivasi untuk Berinteraksi

Sebagian besar orang melakukan olahraga lari di jogging track atau taman yang disediakan khusus untuk mereka yang ingin berolahraga. Selain menjadi hari libur nasional, juga dimanfaatkan banyak orang untuk berinteraksi dengan orang-orang yang jarang ditemui.

Dari point – point diatas, sudah jelas bahwa manfaat berlari sangat banyak sekali. Yang terpenting adalah konsistensi untuk melakukan kegiatan lari ini. Tetap sehat dan tetap semangat !

Tinggalkan komentar