Latihan Lari Bagi Pemula Dimulai Darimana?

Halo Sobat Lari, Berikut latihan lari bagi pemula dimulai dari olahraga jogging atau berjalan cepat. Ada beberapa point penting yang dilakukan untuk berlari, tetapi sebagian besar pemula dapat dilakukan dengan gerakan sederhana. Termasuk mempersiapkan perlengkapan lari seperti : sepatu lari yang bagus, pakaian jogging yang nyaman dan air minum.

Sangat disarankan bagi wanita untuk memakai bra olahraga sambil berlari untuk mengurangi rasa sakit. Gear reflektif juga sangat dianjurkan jika sobat berencana untuk berlari pada dini hari atau larut malam. Ini akan membantu untuk mencegah kecelakaan.

Berikut adalah beberapa dasar yang harus Anda ketahui sebelum memulai latihan lari:

  • Frekuensi: Untuk memulai, bertujuan untuk 3 hingga 4 hari berjalan per minggu. Ini memungkinkan waktu pemulihan yang cukup antara workouts.
  • Pemanasan: Sebelum setiap latihan lari, penting untuk melakukan pemanasan dan peregangan untuk mempersiapkan tubuh untuk berlari. Mulailah dengan peregangan, diikuti dengan 5 menit berjalan dengan langkah mudah. Kemudian, perlahan-lahan berkembang menjadi jalan cepat.
  • Pendinginan: Pada akhir lari, pastikan untuk mendinginkan dengan 5 menit berjalan, secara bertahap mengurangi kecepatan saat Anda melangkah.
  • Total waktu: Bertujuan untuk total sekitar 30 menit. Ini termasuk 5 menit untuk pemanasan, 5 menit untuk pendinginan dan 20 menit berlari / berjalan di antaranya.

RINGKASAN: Berlari mudah dimulai dan membutuhkan peralatan yang sederhana. Seorang pemula harus berusaha berlari selama 30 menit 3 atau 4 hari seminggu, termasuk 5 menit pemanasan dan pendinginan.

Contoh Rencana Latihan Lari

Jika Anda ingin menikmati manfaat dari berlari, berikut adalah rencana sebulan untuk sobat  mulai.

Pelari pemula akan dimulai dengan bergantian antara berlari dan berjalan, meningkatkan menit yang dihabiskan berlari setiap minggu. Hal ini digunakan agar melatih endurance/ketahanan bagi tubuh kita.

Dapat dilakukan setiap 3 hingga 4 hari per minggu.

Minggu Pertama Latihan Lari

  • 5 menit pemanasan
  • 1 menit berlari dengan kecepatan alami Anda, dan kemudian 2 menit dengan kecepatan sedang – ulangi 7 kali
  • 5 menit pendinginan

Minggu Kedua Latihan Lari

  • 5 menit pemanasan
  • 2 menit berjalan dengan kecepatan alami Anda, dan kemudian 2 menit dengan kecepatan sedang – ulangi 5 kali
  • 5 menit pendinginan

Minggu Ketiga Latihan Lari

  • 5 menit pemanasan
  • 3 menit berlari dengan kecepatan alami Anda, dan kemudian 2 menit dengan kecepatan sedang – ulangi 4 kali
  • 5 menit pendinginan

Minggu Keempat Latihan Lari

  • 5 menit pemanasan
  • 4 menit berlari dengan kecepatan alami Anda, dan kemudian 2 menit dengan kecepatan sedang – ulangi 3 kali
  • 5 menit pendinginan

Setelah 1 bulan berlalu, cobalah untuk maju dengan berlari lebih lama dengan kecepatan alami atau berjalan lebih sedikit di antara setiap lari. Coba tambahkan gaya berlari yang berbeda karena merasa lebih nyaman.

Jika sobat tidak terbiasa berolahraga teratur atau memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya yang dapat dipengaruhi oleh olahraga, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai program olahraga apa pun.

RINGKASAN: Rencana lari seorang pemula harus bergantian antara berlari dan berjalan. Tambah waktu yang dihabiskan untuk berlari setiap minggu atau kurangi waktu yang dihabiskan untuk berjalan di antara berlari.

Cara agar Tetap Termotivasi

Berpegang teguh pada rencana berlari dapat membantu mencapai kesuksesan jangka panjang dengan tujuan penurunan berat badan dengan bonus Kesehatan tubuh lainnya. Trik untuk tetap termotivasi adalah tetap menyenangkan agar sobat tidak tergoda untuk membuat alasan untuk menghindari Latihan. Buat latihan sobat tetap menarik dengan mengubah rute lari setiap beberapa minggu atau menambahkan berbagai jenis lari seperti interval atau hill repeats.

Jika sobat merasa sulit untuk memotivasi diri lebih awal di pagi hari, cobalah meletakkan perlengkapan lari di malam sebelumnya untuk menghemat usaha di pagi hari. Mendaftar untuk mengikuti lomba lari atau kompetisi lain juga dapat memberi motivasi ekstra untuk berlari dan membuat tetap focus pada tujuan.

RINGKASAN: Mengubah pola latihan dan berlari dengan teman dapat membuat rutinitas berlari sobat menyenangkan dan membantu tetap termotivasi dalam jangka panjang.

Demikian sobat lari, itu tadi latihan lari bagi pemula. Jadi sekarang sudah tahu latihan larimu dimulai darimana? Mulai dari sekarang !

Tinggalkan komentar