Kelebihan dan Kekurangan Lari Pagi, Siang dan Sore

Manfaat Lari Pagi, Siang, dan Sore Hari

Olahraga lari dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, semua olahraga memberikan manfaat bagi yang melakukannya. Memang, ada sedikit perbedaan efek jika dilakukan pagi, siang, atau sore hari. Berikut perbedaan manfaat dan kekurangan lari pagi, siang, dan sore:

1. Lari Pagi Hari

Kelebihan Lari Pagi

Lari dipagi hari merupakan cara yang paling ideal untuk memulai hari kamu dengan berolahraga. Jika kamu melakukan olahraga di pagi hari, dapat memberi dosis oksigen yang sehat pada tubuh. Manfaat lari pagi membuat metabolisme didorong untuk membakar lebih banyak kalori. Kandungan oksigen yang lebih tinggi di udara pagi membuat kamu lebih merasa lega untuk bernapas. Lari pagi juga lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan lari di siang hari karena udara yang panas.

Kekurangan Lari Pagi

Lari pagi hari bisa menjadi lebih sulit daripada waktu-waktu lain. Setelah bangun pagi, sendi mungkin masih terasa kaku, otot-otot tegang dan tidak fleksibel. Ini berarti tubuh tidak memiliki kontrol dan koordinasi otot yang diperlukan saat berlari. Itulah mengapa setiap kali memulai olahraga harus melakukan pemanasan atau streching sebelum berlari.

Hal yang Harus diperhatikan Ketika Lari Pagi:

Disarankan untuk menghindari latihan interval yang keras di pagi hari. Karena mungkin tubuh belum siap untuk menangani stres yang hebat dan mengubahnya menjadi tenaga. Bisa jadi cidera menimpa kamu. Jal ini juga berlaku untuk lari setelah tidur siang. Ketika tidur, tubuh kamu kehilangan banyak air. Untuk itu kamu harus mengganti cairan tubuh yang hilang terlebih dahulu agar tidak mengalami dehidrasi selama lari.

2. Lari siang

Manfaat Lari Siang

Bagi beberapa orang mungkin lari siang akan terasa melelahkan karena cuaca yang panas. Tapi tahukah kamu manfaat lari siang ternyata sangat banyak sekali. Manfaat lari siang yang paling tersembunyi adalah dapat menghambat perkembangan sel kanker. Dengan metabolisme tubuh yang baik, maka sel kanker tidak akan berkembang. Namun harus disertai dengan pola hidup bersih sehat.

Kekurangan Lari Siang

Manfaat lari siang memang sama baik dengan waktu lari lainnya, namun wajib perhatikan dengan jam makan siangmu. Tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna makanan tergantung seberapa berat dan banyaknya makan siang kamu. Untuk menghindari masalah pencernaan selama berlari , kamu bisa ikuti tips berikut:

  • Jika porsi makan siang banyak, tunggu 1,5 hingga 2 jam sebelum lari siang.
  • Jika berlari setelah makan tidak membuat Anda merasa baik, lakukan latihan sebelum makan siang. Namun, mungkin lebih sulit untuk dijalankan karena sumber energi kamu kurang.

Tips Lari Siang

Lari di siang hari memiliki teknik tersendiri, mulai dari kapan waktu lari siang, perlengkapan lari apa saja yang dibutuhkan, berapa jarak yang ditempuh dan dimana kamu berlari. Dan yang terpenting adalah kamu harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuhmu. Bawalah minum yang cukup, ketika merasa haus segeralah minum.

Kapan waktu yang baik untuk lari Siang?

Kamu bisa melakukan lari siang di sekitar pukul 10.00 – 14.30, usahakan jangan berlari ketika pukul 12.00-13.00 karena matahari tepat berada ditengah dan kondisi lagi panas-panasnya.

Perlengkapan lari untuk lari siang?

Gunakanlah pakaian lari yang cepat menyerap panas atau cepat membuat keringat menguap. Jangan menggunakan jaket sauna ketika lari siang jika kebutuhan hidrasi kamu kurang. Karena jaket sauna menghasilkan keringat yang banyak. Jika kurang cairan, maka bisa-bisa kamu pingsan ditengah jalan lalu diangkut ambulance 😀

Berapa jarak tempuh yang ideal untuk lari siang ?

Tidak ada patokan khusus untuk berapa jarak yang ditempuh. Setiap orang tentunya berbeda-beda tergantung dengan kondisi fisiknya. Setidaknya 1 jam sudah cukup, jangan terlalu di forsir dengan kondisi siang hari yang panas.

Dimana sebaiknya lari di siang hari?

Dianjurkan ditempat yang banyak pepohonan/ rindang. Agar kebutuhan oksigenmu terpenuhi dengan mudah. Karena disiang hari tumbuhan mengeluarkan Oksigen yang sangat kita butuhkan untuk bernafas. Pilihlah juga rute yang looping, misalkan di taman, atau jogging track.

3. Lari Sore

Olahraga lari sore atau malam hari adalah cara yang bagus untuk relaks. Jika kamu sedang stres setelah seharian sibuk bekerja dan mengalami kesulitan dalam melepaskan kepenatan, salah satu caranya adalah jogging sore/ lari santai. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sama seperti yang dilakukan sebelum lari pagi. Selain itu, manfaat lari sore atau malam dapat meningkatkan pembakaran lemak. Hal ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Setelah berlari, maka kamu akan minum banyak. Dengan minuman tersebut, kamu akan merasa kenyang dan malas untuk makan berat.

Kekurangan lari sore:

Olahraga lari malam dapat menyebabkan sulit untuk tidur jika kamu berlari mendekati waktu tidur. Maka usahakan setidaknya 2 jam sebelum jam tidur, kamu sudah selesai berlari. Tetapi berhati-hatilah, mungkin akan mengalami kesulitan untuk tidur, tubuhmu diberi energi setelah berlari.

Lebih Baik Lari Pagi atau Sore Hari?

Kamu sendiri dapat memutuskan apakah lebih nyaman lari pagi atau lari sore hari. Pada dasarnya, waktu terbaik menjalani olahraga lari adalah saat terasa paling mudah bagi kamu. Faktor yang menjadi pertimbangan memilih waktu lari adalah hari kerja, pola tidur, waktu luang, keluarga, dan waktu makan. Lalu pilihlah waktu terbaik bagimu untuk menjalani olahraga lari pagi, siang, atau sore hari. Manfaat lari pagi, siang dan sore akan kamu dapatkan ketika berlari secara konsisten.

Tinggalkan komentar