Garmin Forerunner 245 Music Review Indonesia [2020]

Garmin forerunner 245 Music atau sering disebut FR 245 Music bisa dibilang jam tangan garmin yang masih baru. Produk ini merupakan penerus dari forerunner 235 yang rilis ditahun 2015. Jam ini dirilis di Indonesia sekitar bulan Mei 2019 bersamaan dengan garmin Forerunner 45, Forerunner 245, Forerunner 45S dan Forerunner 945. Rilis dengan 2 versi FR 245 non music dan FR245 Music membuat saya lebih cenderung memilih yang versi music. Karena ketika berlari sendiri, tentunya merasa bosan. Maka dengan mendengarkan musik favorit adalah solusinya. Sesuai dengan namanya, jam ini memang lebih cenderung untuk olahraga lari. Saya menggunakan jam ini kurang lebih 5 bulan (sejak Maret 2020). Jika digunakan tahun ini apakah masih worth ? Mari kita ulas..

Spesifikasi Garmin Forerunner 245 Music

Layar1.2 inchi transflective MIP (240×240 pixels), Gorila Glass 3
Ukuran 42.3mm
Ketebalan12.2mm
Berat38.5g
Memory3.5GB/500 songs
Water ResistanceYa, 50 metres (5ATM)
SensorGPS/Glonass/Galileo, compass, accelerometer, heart rate, pulse Ox
KonektivitasBluetooth 4.2, ANT+, wifi (Music only)
MusicYa (Spotify, Dezeer, mp3, Amazon Music)

Desain & Fisik

Tampilan fisik lebih trendy daripada pendahulunya garmin FR 235. Jika pergelangan tanganmu relatif kecil, jam ini akan terasa pas dengan ukuran fisik 42.3 x 42.3 x 12.2 (mm). Dengan layar gorila glass 3 sangat terasa kokoh dan cukup tahan dari goresan. Saya sendiri merasa nyaman ketika menggunakan untuk berlari maupun acara formal karena sangat ringan, sekitar 38,5 gram. 5 tombol yang ada di jam lari ini merupakan ciri khas garmin di seri forerunner terbaru. 5 tombol tersebut diantaranya : Sebelah Kanan (start/stop dan Back) , Sedangkan sebelah kiri (Light, Up dan Down).

Garmin Forerunner 245 Music Review Indonesia

Kegunaan masing – masing tombol di jam garmin forerunner 245 Music

  1. Tombol Start-Stop : Merupakan shortcut untuk mulai mengakses menu olahraga (lari, sepeda, renang, dll)
  2. Tombol Back : Berfungsi untuk kembali ke menu sebelumnya
  3. Tombol Light : Untuk menyalakan atau mematikan lampu layar. Ketika dihold/ ditahan, maka akan ada shortcut ke menu tambahan seperti sync, do not disturb, alarm, matikan jam, dll
  4. Tombol Up : Untuk control navigasi ke atas. Ketika dihold/ditekan, maka akan masuk ke menu : Setting Watch Face, Alarm, Music, Wifi, dll
  5. Tombol Down : untuk control navigasi kebawah. Ketika dihold/ditekan, maka akan masuk ke menu music.

Mengganti Strap

Agar tidak bosan dengan strap yang itu itu saja, kamu dapat mengganti sendiri dengan mudah. Strapnya kamu bisa beli di toko garmin atau beli KW juga banyak. Cara mengganti strap pada jam ini sangatlah mudah, tinggal geser saja pentolan besi kecil yang ada di strap. Ini biasa disebut juga dengan strap quick release “kayaknya gitu sih :D”

ganti strap di forerunner 245

GPS

Tak perlu diragukan lagi soal urusan GPS, garmin bisa dibilang sesepuhnya. Dengan berbagai tipe GPS bisa kamu pilih di jam ini : GPS Only, GPS + Glonass dan GPS + Galileo. Keakuratan GPS ini cukup penting, karena akan mempengaruhi hasil tracking kita. Apakah keluar dari jalan, atau menabrak rumah ? :D.

Sport Mode

Banyak sekali jenis olahraga yang ada dijam garmin ini, diantaranya :

  • Run (Outdoors)
  • Treadminll
  • Indoor Track
  • Bike (Outdoors)
  • Pool Swim
  • Trail Run
  • Bike Indoors
  • Walk (Outdoors)
  • Walk Indoors
  • Strength
  • Cardio
  • Yoga
  • Elliptical

Bisa dibilang sangat lengkap fitur untuk mendukung untuk berbagai macam olahraga, namun belum mendukung untuk triathlon.

Running Mode

Ada beberapa jenis lari yang didukung di jam ini, diantaranya running (outdoors), treadmill dan trails running. Dengan ketahanan baterai 24 jam dengan GPS Mode, rasanya cukup digunakan untuk ultra marathon dengan finish < 24 jam. Jika kamu menggunakan GPS dan Music maka akan bertahan 6 jam. Sangat cukup rasanya jika mau dipake marathon sub 5 jam sambil mendengarkan musik favorit. Dilengkapi dengan GPS/Glonass/Galileo bisa dibilang cukup akurat. Dengan teknologi heart rate terbaru dari garmin, kamu bisa memantau detak jantung dengan akurat.

training load garmin

Training load pada jam ini digunakan untuk mengukur intensitas latihan kamu, apakah Low, Optimal atau overtraining.

Vo2 Max Garmin

Selain itu juga terdapat fitur Vo2 Max untuk mengukur seberapa bugar tubuh kamu. Angka yang Vo2 Max Garmin tergantung dari umur dan kecepatan berlarimu. Garmin memiliki perhitungan tersendiri untuk perfomance dan memberitahukan jika latihanmu terlalu keras dan butuh recovery. Antara 6 s/d 20 menit ketika berlari, jam garmin akan bunyi beep dan akan menginformasikan positif atau negatif. Jika positifnya banyak, bisa jadi Vo2 Max kamu akan meningkat.

Data Screen dapat dirubah sesuai dengan keinginan kita. Misalkan untuk easy run kamu bisa setting 2 field yang berisi heart rate dan waktu lari. Atau bisa juga disetting maksimal 4 field (Waktu total, Jarak Tempuh, Pace dan Heart Rate), ini settingan default jam saya.

Fitur Interval Run

interval run garmin

Apa itu interval run? Interval run adalah berlari dalam satu waktu dengan kemampuan 80-90% diselingi istirahat dan diulangi beberapa kali. Hal ini juga salah satu cara untuk meningkatkan Vo2 Max. Pada jam garmin Forerunner 245 Music ini sudah dilengkapi dengan fitur interval run, tentunya akan memudahkan kamu untuk menjalani latihan ini. Jam akan otomatis berbunyi beep ketika akan mulai berlari maupun selesai lari.

Fitur PacePro

pacepro garmin forerunner 245

Seperti yang kita ketahui fitur pacepro merupakan salah satu fitur unggulan dari Garmin Fenix 6 series. Fitur ini akan sangat membantu bagi kamu yang ingin dapetin PB (Personal Best). Karena akan menginfokan waktu lari kita lebih lambat atau lebih cepat, ada juga target pace dan split pace per kilometer atau per mil. Forerunner 245 Music salah satunya yang mendapatkan fitur ini secara gratis. Adapun jam garmin lainnya yang mendukung fitur ini adalah Fenix 6 Series, Forerunner 945, Forerunner 245, Forerunner 745, MarQ Series, Quatix 6 dan Tactix Delta. Diantara series garmin diatas, Garmin FR245 adalah paling murah yang sudah mendukung fitur PacePro.

Fitur Music

menambahkan lagu di garmin forerunner 245 music

Agar tidak bosan ketika berlari kamu bisa memanfaatkan fitur music di jam ini. Pastikan kamu hubungkan terlebih dahulu dengan headset/headphone bluetooth. Musik dalam jam ini dapat ditambahkan dengan 4 cara, yaitu transfer lagu langsung dengan USB, Sync dengan Spotify , Sync dengan Deezer atau Amazon Music. Kamu bisa menambahkan hingga 500 lagu pada jam ini. Tidak hanya lagu saja, kamu juga bisa menambahkan podcast yang terhubung dari spotify.

Fitur Text Responses

text responses garmin forerunner 245

Fitur ini dapat kamu gunakan untuk membalas pesan singkat atau menerima telefon. Sayangnya fitur ini hanya mendukung ketika jam terhubung dengan Smartphone Android, untuk di iPhone belum mendukung. Menurut saya ini cukup penting, ketika sedang dijalan kita dapat segera menjawab pesan singkat.

Harga Garmin Forerunner 245 Music

Harga Resmi di Indonesia saat ini Rp. 5.400.000,- . Harga tersebut hanyalah perkiraan, kamu bisa dapatkan harga lebih murah/mahal tergantung dimana anda membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan

+ Fast Charging Baterai

+ Daya Tahan Baterai Lama (GPS Only)

+ Dilengkapi Fitur PacePro

+ Fitur Musik

+ GPS Akurat

– Tidak disertakan adapter charging (hanya USB) dalam paket pembelian

– Baterai cukup boros ketika dipakai running + musik

Kesimpulan

Menurut saya jam garmin forerunner 245 music saat ini masih sangat layak untuk dimiliki di tahun ini, dengan segudang fitur yang dimiliki. Namun jika kamu ingin memangkas dari segi budget, bisa ambil yang versi non music.

Tinggalkan komentar