Cara Menggunakan Strava pada Smartphone

Halo sobat lari, Sudah popular dengan aplikasi strava? Jika belum pernah mendengar “strava”, maka akan kami ulas disini. Apa itu strava dan bagaimana cara menggunakannya? Strava adalah salah satu aplikasi fitnes tracker berbasis media sosial. Di aplikasi ini kamu bisa saling follow dengan teman kamu yang memiliki akun strava. Aplikasi pada dasarnya gratis, namun fiturnya terbatas dan bagi saya gratisanpun sudah cukup. Banyak mode olahraga yang disediakan aplikasi ini, seperti : lari, sepeda, renang, dll. Ambil contoh saya akan menggunakan aplikasi untuk lari. Aplikasi ini akan merekam jarak dan kecepatan kamu saat berlari, ketika berhenti maka akan muncul hasil lari termasuk kalori yang terbakar.

Bagaimana Cara Menggunakan Strava?

Pada kesempatan kali ini akan dibahas cara menggunakan strava untuk lari dengan smartphone (iPhone). Pada dasarnya tampilan strava di iPhone dan di Android tidaklah berbeda jauh, hanya ada beberapa menu yang posisinya tidak sama. Berikut langkah mudah untuk menggunakan aplikasi ini :

1. Install Strava

Untuk Install Aplikasi Strava kamu bisa buka Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone). Langsung saja search/cari strava lalu install.

2. Register / Log in

Untuk registrasi strava kamu bisa menggunakan beberapa pilihan, yaitu : register dengan akun facebook, akun google, akun apple atau bisa juga daftar dengan email. Jika sudah memiliki akun strava, tinggal Log in saja. Ada 2 hal yang perlu kamu setting ketika baru menggunakannya. Pertama adalah jarak defaultnya mil, jika ingin merubahnya ke km maka harus disetting dulu. Kedua untuk menampilkan kalori yang terbakar, kamu harus mengisi profil secara lengkap.

Baca Juga :

Cara Setting Strava Mil ke Km

Cara Menampilkan Kalori di Strava

3. Mulai Lari dan Rekam

Pastikan sebelum mulai lari, sobat pemanasan dulu ya… Setelah itu tinggal pencet saja bagian tengah ditulisan Record/rekam. Lalu akan muncul akurasi GPS dan lokasi kita berada lalu START. Setelah siap berlari, maka langsung saja cussss… Ingat ya, mulailah lari secara perlahan.

4. Pantau Kecepatan dan Jarak Ketika Berlari

Ketika berlari maka akan muncul waktu lari, Average Pace dan Distance /jarak yang sudah kita lalui.

5. Selesai Lari dan Stop

Setelah selesai lari, maka sobat bisa langsung tekan FINISH saja.

6. Mengisi Data Setelah Lari

Ketika selesai berlari, maka sobat bisa isi detail hasil lari. Data tersebut seperti Name, bisa juga menambahkan foto, hingga mengisi running gear yang kita gunakan. Namun data tersebut tidak wajib diisi. Bisa saja langsung save activity.

7. Hasil Lari dengan Strava

Setelah kita save activity, maka akan muncul jarak yang sudah kita lalui, Average Pace, Moving time, Elevasi dan Kalori yang terbakar.

8. Share di Media Sosial

Kamu bisa share hasil larimu ke media sosial, seperti : facebook, instagram, Whatsapp, dll.

Kesimpulan

Bagaimana sobat lari? gampang kan menggunakan aplikasi strava untuk lari.

Tinggalkan komentar