Cara Membuat Segment di Strava

Segment di Strava adalah potongan rute/jalur yang ditentukan dari titik awal hingga titik akhir. Misalkan saja segment “ayolari” dari titik A ke titik B dengan jarak 1km. Pengguna strava dapat membuat segment tertentu tanpa harus berlangganan strava premium. Berbeda dengan membuat strava route, mewajibkan berlangganan untuk membuatnya. Aplikasi Strava akan merekam pengguna yang melewati segment tertentu dan merangkingnya berdasarkan yang paling cepat. Akan ada namanya leaderboards untuk seseorang yang telah melewati segment tersebut dan diurutkan berdasarkan waktu tercepat. Yang tercepat nantinya akan mendapatkan Crown/Mahkota, Menarik kan? Hal ini akan menambah semangatmu untuk meningkatkan performa lari/sepeda. Ada 2 tipe segment di strava yaitu segment untuk running dan segment untuk cycling. Jika aktivitasmu cycling dan melewati segment running, maka tidak akan tercatat begitu juga sebaliknya.

Cara Mencari Segment di Strava

Berburu segment di strava ? Lets go aja sih….

segment di strava
  1. Buka Aplikasi Strava
  2. Pilih Menu Explore
  3. Maka akan muncul segment yang ada disekitarmu
  4. Tuliskan Nama Kota / Provinsi
  5. Klik untuk Filter (Seperti segment Cycling / Running)

Selain melalui aplikasi strava, kamu juga bisa membuka segment melalui strava web melalui menu Explore lalu Pilih Segment Explore. Maka secara default akan muncul segments yang ada disekitarmu.

Cara Membuat Segment di Strava

Agar memicu orang lain untuk bersemangat olahraga, kamu bisa membuat segment strava sendiri. Misalkan saja kamu buat di daerah kampungmu atau daerah yang sering dilewati penggiat lari/sepeda. Syarat untuk membuat segment adalah kamu harus lari/sepeda dirute yang akan kamu buat strava. Cara membuat segment lari di strava cukup mudah, kamu tinggal ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Login Strava Web dengan Browser

2. Masuk ke Detail Aktivitas yang akan dibuat Segment, Lalu Klik Segments dibagian kiri

3. Scroll kebawah dan pilih “Create a new segment”

cara membuat segment di strava

4. Atur Titik Start (warna hijau) dan End (warna merah) Contoh : saya buat 1 loop

5. Klik Next

select your segment

6. Beri Nama Segment, Atur Privat atau Publik (jika publik jangan dicentang), Create

7. Keesokan Harinya Saya Coba Lari di Segment “Saleba Arena”

Segment Strava
Mendapat Mahkota guys 😀

8. Check Leaderboards

strava leaderboards

Langkah No 1 – 8 diatas adalah cara membuat segment lari di strava. Untuk membuat segment sepeda/ride, sedikit berbeda dan begini caranya : Klik aktivitas gowesmu lalu scroll kebawah, maka akan muncul “create a new segment” dan klik saja.

membuat segment sepeda strava

Setelah itu tinggal ikuti langkah No. 4, 5, 6 diatas.

Tinggalkan komentar