12 Aplikasi Lari yang Bisa Menjadi Teman Larimu

Halo sobat lari, bagi sebagian orang mungkin sudah menggunakan aplikasi lari yang digunakan untuk mengukur jarak lari kamu. Namun, beberapa orang belum tahu “ternyata ada aplikasi untuk merekam jarak lari”. Dan ada juga orang yang bodo amat gak perlu “yang penting keluar keringat”. Kalo sobat termasuk yang mana nih?

Berbagai macam brand sport seperti adidas, nike, Under Armor, Puma tak mau ketinggalan untuk mengembangkan aplikasi lari ini. Dengan menggunakan aplikasi ini selain untuk mengukur jarak lari, bisa juga untuk menghitung langkah kaki kamu. Jadi, sangat cocok bagi sobat lari yang ingin menjalankan rutinitas olahraga lari ataupun jogging.

Beberapa Aplikasi Pengukur Jarak Lari

1. Strava

Strava bisa dibilang aplikasi yang cukup popular dikalangan penggiat olahraga. Banyak ragam pilihan yang ditawarkan pada aplikasi lari ini, seperti : Lari, Sepeda, Jalan kaki, Renang, Wheelchair, Handcycle, Hike, Ski, dan masih banyak pilihan olahraga lainnya. Aplikasi strava ini gratis dan bisa di download di playstore atau appstore, tergantung smartphone sobat. Dengan gratisan, tentunya hak aksesnya sangat terbatas. Jika sobat ingin mencoba fitur premium, bisa langsung ke menu membership. Mulai dengan harga $2,99 sobat sudah bisa menikmati fitur premium ini. Tentunya dengan aplikasi lari strava ini, sobat akan semakin terpacu untuk terus berlari karena akan terpantau jarak dan kecepatan. Dan hasilnya nanti kelihatan berapa jumlah kalori yang terbakar.

2. Nike Run Club (NRC)

Dari namanya sudah tahu ini besutan siapa, Ya ini aplikasi lari dari Nike “salah satu brand sport ternama”. Aplikasi ini memang cukup popular di Play store dengan memperoleh rating yang cukup tinggi. Sama dengan fitur aplikasi lainnya, NRC juga menawarkan untuk menghitung jarak lari dan merekamnya. Selain itu, sobat juga bisa menyimpan data dan melakukan perbandingan  progress yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Ada fitur menarik lagi dari NRC ini adalah adanya coaching. Cieleh coaching, Iya coaching si pelatih. Jadi ketika sobat berlari, seolah-olah ada pelatihnya. Fitur yang lebih menariknya lagi adalah semacam grup lari yang membuat sobat menjadi terpacu untuk mempimpin di leaderboard. Tentunya bisa di share di medsos yang membuat sobat semakin WADAW 😀

3. Runtastic

Runtastic atau bisa disebut juga Adidas Running Runtastic.Tak mau kalah dengan brand sport lainnya, adidas merilis juga aplikasi lari yang bernama Runtastic. Pengguna aplikasi ini bisa dibilang sangat banyak digunakan untuk merekam jarak lari salah satunya.
Aplikasi lari ini gratis dengan akses yang terbatas. Namun sobat lari bisa juga upgrade ke premium member dengan harga mulai $14,9 per 3 bulan. Tentunya dengan berbayar, sobat mendapatkan fitur lengkap dari aplikasi ini.

4. Pumatrac

Pumatrac merupakan salah satu aplikasi dari Brand Puma. Dengan aplikasi ini, tentunya kita akan semakin rajin berolahraga. Dengan tampilan yang cukup minimalis, namun terlihat keren. Seperti aplikasi lainnya, pumatrac ini berfungsi untuk mencatat jarak tempuh dan waktu tempuh. Selain itu juga dapat merekam cuaca, waktu untuk memberikan saran waktu terbaik untuk berlari. Fitur olahraga yang disematkan pada aplikasi ini juga memberikamu motivasi untuk melakukan olahraga lainnya.

5. FITAPP

FITTAPP salah satu aplikasi untuk melacak jarak lari, waktu, kecepatan, elevasi, dan kalori. Aplikasi ini menggunakan GPS melalui smartphone untuk mendukung selama semua kegiatan olahraga Anda, seperti : olahraga lari, jogging, bersepeda, inline skating, sepeda gunung, nordic walking, ski lintas alam, hiking, golf, berkuda dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini juga akan membantu Anda menurunkan berat badan, menghitung kalori yang dibakar, mempertahankan target berat badan sobat atau hanya untuk tetap bugar. Tentunya sobat dapat memposting hasil olahraga / lari ke media sosial dan memotivasi untuk menuju gaya hidup lebih sehat.

6. Endomondo

Aplikasi lari Endomondo merupakan bersutan brand sport Under Armour. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk aplikasi fitness yang dapat merekam jarak lari kamu. Seperti aplikasi lainnya, Endomondo juga memiliki fitur berbagai macam olahraga. Cukup dengan memilih salah satu aktivitas yang kita inginkan, atur goalnya, lalu Endomondo akan membantu memberikan arahan sesuai keinginan. Aplikasi ini juga menyimpan log data dari aktivitas kita, memudahkan untuk melihat progress dari aktivitas kita.

Endomondo menawarkan fitur gratis dan berbayar/premium. Mulai dari harga Rp. 89.000 perbulan atau 439.000 per tahun, tentunya dengan pembayaran pertahun akan lebih murah dengan perhitungan Rp. 36.583 per bulannya. Dengan menggunakan fitur premium, sobat akan terbebas dari iklan, bisa menggunakan semua fitur yg ada di aplikasi ini.

7. Runkeeper

Sesuai dengan namanya Runkeeper berarti menjaga senantiasa untuk tetap berlari. Lagi lagi salah satu brand sport ternama yaitu asics adalah pemilik aplikasi ini. Memiliki fitur olahraga yang sama dengan aplikasi lainnya seperti : running, walking, hiking, swimming, dll. Aplikasi lari ini pada dasarnya gratis dengan akses yang terbatas. Namun, juga menawarkan fitur premium.
Dengan fitur premium, sobat bisa melakukan live tracking lalu dishare di media sosial.

8. Sports Tracker Running Cycling

Sports tracker merupakan salah satu dari aplikasi kebugaran yang bisa dibilang terbaik. Selama 10 tahun berjalan, aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan orang untuk mendapatkan pola hidup sehat. Fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini, yaitu : berlari, bersepeda, berjalan, hiking, sku dan olahraga lainnya. Tentunya ini dapat menggunakan GPS untuk melacak aktivitas sobat. Selain itu ketika menggunakan aplikasi ini akan menunjukkan kecepatan, ketinggian dan menghitung kalori terbakar.

9. Run with Map My Run

Map My Run salah satu aplikasi lari yang dibilang menarik. Pasalnya pada aplikasi ini kita dapat menentukan jadwal latihan sesuai dengan keinginan kita. Sehingga secara tidak langsung dapat memotivasi kita untuk selalu meningkatkan kualitas berlari. Aplikasi ini menawarkan fitur premium untuk sobat yang mau live tracking kepada keluarga, teman atau gebetan agar mereka merasa tenang. Untuk biaya premium sendiri sekitar $5,99 per bulan atau $29,99 per tahun.

10. Running Distance Tracker +

Sama dengan aplikasi lari lainnya dengan mengukur jarak, pada running distance tracker + ini dilengkapi juga dengan suara membimbing sobat ketika berlari dengan targer jarak atau waktu. Hal ini juga yang membuat sobat termotivasi untuk selalu meningkatkan performa dari waktu ke waktu. Selain itu, juga terdapat fitur untuk mengakses music player dengan mudah tanpa harus keluar dari aplikasi Running Distance Tracker +. Jadi, sobat dapat berolahraga ditemani dengan lagu favorit sobat.

11. Google Fit

Dari namanya saja sudah ketahuan aplikasi ini besutan siapa. Ya, ini adalah besutan sang raksasa internet GOOGLE mengeluarkan aplikasi Google Fit. aplikasi ini mungkin akan berjalan lebih sempurna jika sobat menggunakan Smartphone Android. Karena mengingat aplikasi ini dikembangkan oleh google “sang pemilik android”.

11. Weight Loss Running

Jika dilihat dari namanya memang aplikasi ini dikhususkan untuk menurunkan berat badan. Tentunya hal ini akan sangat mendukung jika tujuan lari sobat adalah untuk menurunkan berat badan. Karena sobat bisa memantau perkembangan per minggu. Fitur aplikasi ini dilengkapi dengan pengaturan pola makan agar mendukung kelancaran dalam menurunkan berat badan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan diberikan rutinitas yang terdiri dari beberapa tingkat kesulitan. Semakin sulit tantangannya, semakin cepat juga kamu akan mencapai berat badan ideal.

12. Relive

Aplikasi relive bisa dibilang dengan tampilan yang keren, karena dapat memanjakan visual dengan gambaran 3D. Video tracking yang keren bagi pelari, suka gowes dan aktivitas outdoor lainnya karena seolah-olah pakai drone :D. Jika sobat berlari jarak jauh dan di elevasi naik turun maka video relive lebih MANTAP. Tentunya hal ini sangat menarik untuk di share di media sosial. Bisa menambah semangat sobat untuk terus berolahraga untuk hidup lebih sehat.

Demikian sobat lari, 12 aplikasi lari yang bisa membuatmu senantiasa semangat berlatih. Selamat mencoba 😀

Tinggalkan komentar