Apa itu Virtual Run dan Bagaimana Cara Ikut Virtual Run?

Apa itu Virtual Run ?

Virtual Run adalah kegiatan lari yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kamu harus menggunakan GPS tracker untuk mencatat jarak dan kecepatan lari, bisa dengan menggunakan aplikasi lari di smartphone atau smartwach. Kegiatan ini menjadi populer akhir-akhir ini karena anjuran pemerintah yang tidak memperbolehkan mengumpulkan orang dalam jumlah yang banyak disatu tempat. Dalam pelaksanaan virtual run akan diberikan tenggang waktu tertentu untuk menyelesaikan lari. Misalkan waktu untuk lari mulai tanggal 1 Agustus 2020 s/d 31 Agustus 2020. Kategori lari juga ada seperti: 5K, 10K, Half Marathon dan Marathon. Ada juga yang tipe lari single run atau multiple run. Single run adalah dimana kamu cukup sekali lari untuk menamatkan jarak larimu, misalkan kategori 5K, maka kamu sekali lari dengan jarak 5 km. Berbeda dengan Multiple run, Misalkan ikut kategori Half Marathon, Maka kamu bisa lari beberapa kali untuk menamatkan jarak 21 Km. Misalkan hari ini 3km, besok 4km, lusa 5km, dst hingga total jaraknya 21,195 km.

Bagaimana Cara Ikut Virtual Run?

1.Daftar

Untuk pendaftaran, kamu bisa ikuti tata cara yang sudah ada di pengumuman. Ada yang melalui aplikasi virtual run dan ada juga yang melalui website. Biaya pendaftaran ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk yang berbayar, biasanya akan mendapatkan fasilitas tertentu, misalnya : jersey, medali, eBIB, e-Certificate, dll. Yang gratisanpun ada juga yang mendapatkan fasilitas tersebut, contohnya saya beberapa bulan lalu ikutan virtual run kemenkes.

2.Lari

Setelah memasuki periode lari, kamu sudah bisa mulai lari dengan jarak dan kecepatan lari sesuai dengan keinginanmu. Jangan lupa, sebelum mulai lari harus menyalakan aplikasi lari untuk merekam jarak dan kecepatan larimu. Agar tidak merasa kesepian, kamu bisa mengajak temanmu untuk ikut lari juga. Atau bisa juga menggunakan music untuk menemani larimu. Jika kamu merasa kelelahan atau merasa tidak beres dengan tubuhmu, maka segera kurangi kecepatan berlarimu.

3.Submit Hasil Lari

Setelah berlari, jangan lupa simpan data larimu. Setelah itu tinggal submit hasil lari kamu melalui aplikasi atau web, bahkan ada yang submit via email. Tentunya cukup dengan screenshoot yang mengandung jarak lari dan waktu lari kamu.

Beberapa Penyelenggara Virtual Run di Indonesia

Cause Virtual Run

Banyak event lari virtual run yang telah diadakan oleh cause.id ini,ada yang bertema charity ataupun event.
Untuk yang bertema charity, tentunya dana akan dikelola untuk didonasikan kepada yayasan sosial terkait. Bisa dibilang kita berlari sambil berdonasi. Di cause virtual run, cara submit hasil lari dengan menggunakan web. Pengalaman saya, jika sudah terhubung/syncronize dengan Jam Garmin, maka akan tersubmit otomatis hasil lari saya.

99 Virtual Race

Bisa dibilang 99 virtual race ini cukup bagus dalam pelaksanaan virtual run. Cukup dengan download di App Store atau Play Store aplikasi 99 virtual race. Aplikasi lari seperti : strava, Endomondo, Nike Run Club, dll yang sudah terinstall di smartphone kamu, dapat kamu syncronize dengan aplikasi 99 virtual race ini. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk submit hasil lari. Yang nambah memikat untuk ikutan event virtual run di 99 virtual race adalah doorprize . Yaaaa… jika beruntung 😀

Pocari Sweat Virtual Run 2020

Siapa sih yang gak tau brand minuman isotonik ini? Ketika menyelenggarakan event lari, pasti pemiatnya sangat banyak sekali. Bahkan web untuk registrasinyapun sering kali down ketika diserbu para runner agar mendapatkan slot 😀 . Dengan gagalnya event Pocari Sweat Solo 2020 dan Pocari Sweat Bandung 2020, Serasa tak mau kalah untuk mengadakan Virtual run. Pocari sweat virtual run 2020 juga diserbu para runners untuk mendapatkan slot, sempat beberapa kali severnya down. Untuk perekam jarak lari dan kecepatan lari disyaratkan menggunakan Aplikasi Strava.

Tinggalkan komentar